Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengumpulan Data BLT Rp 600 RIbu Masih Dibuka, Segera Kirim Data Anda dan Simak Syaratnya


Pemerintah meluncurkan program bantuan langsung tunai atau subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu kepada karyawan swasta. Bantuan ini diberikan sebagai bentuk penanganan dampak ekonomi dari pandemi Covid-19.

Bantuan ini diatur dalam Permenaker Nomor 14 Tahun 2020. Adapun syarat penerima bantuan sesuai dengan permenaker tersebut adalah sebagai berikut.
1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan (NIK)
2. Terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan
3. Pekerja/buruh penerima gaji/upah
4. Kepesertaan sampai bulan Juni 2020 (Jika Juli baru mengaktifkan maka tidak termasuk)
5. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan gaji/upah di bawah Rp 5 juta sesuai gaji/upah terakhir yang dilaporkan oleh pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan.
6. Memiliki rekening bank yang aktif
Jika Anda sudah memenuhi syarat tersebut Anda dapat mengecek status kepesertaan BPJS ketenagakerjaan dengan cara berikut
Mgid

IQ OPTION
Wujudkan impian kesuksesan keluarga Anda dengan bisnis Bitcoin
PELAJARI LEBIH→
Melalui Situs BPJS Ketenagakerjaan
1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
2. Masukkan alamat email di kolom user.
3. Masukkan kata sandi.
4. Setelah masuk, pilih menu layanan.
Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile
1. Unduh aplikasi BPJSTK Mobile yang tersedia di Android, iOS, dan BlackBerry.
2. Setelah mengunduh, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN.
3. Syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, dan tanggal lahir, dan nama.
4. Setelah terdaftar dan login, peserta dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK. Kemudian pilih "Kartu Digital".
5. Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan terlihat status kepesertaan BPJS TK (aktif/tidak aktif).
Adapun mekanisme bantuan subsidi ini dilakukan oleh perusahaan atau tempat kerja yang melaporkan data pegawainya kepada BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek). Kemudian Data yang diserahkan perusahaan kemudian akan divalidasi.
Proses pengumpulan data nomor rekening calon penerima Bantuan Subsidi Upah 600 ribu per bulan diperpanjang hingga 15 September 2020!
Mengutip dari akun instagram @bpjs.ketenagakerjaan, Untuk para pengelola usaha atau HRD dari setiap kantor bisa segera mengirimkan data nomor rekening karyawannya.
Selain itu, harap waspada terhadap akun media sosial yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK atau pun BPJS Ketenagakerjaan dengan modus meminta nomor rekening.